Waspada, Ini 7 Hal yang Bikin Kamu Susah Tidur

Maret 18, 2018

Sebagian orang sering mengabaikan waktu istirahat dan lebih memilih untuk menuntaskan pekerjaan selama sehari penuh. Mereka tidak sadar, kurang istirahat dapat memicu sejumlah penyakit dalam tubuh.

Penting diketahui bahwa pada saat istirahat tubuh bekerja mengeluarkan racun dalam tubuh dan membentuk nutrisi baru. Oleh karena itu, Anda perlu waktu istirahat yang cukup agar tubuh dapat bekerja maksimal.

Namun terkadang, ada saja hal yang dilakukan sebelum tidur meski sudah saatnya untuk mengistirahatkan diri.

Nah, kira-kira hal apa saja yang harus dihindari dan sebaiknya tak dilakukan sebelum tidur? Berikut tujuh hal yang harus dihindari sebelum beristirahat.

BACA JUGA : Barcelona Tak Diperkuat Suarez saat Hadapi Athletic Bilbao


1. Teknologi



Semakin banyak penelitian menunjukkan, menatap layar biru dan putih dari ponsel dapat mencegah otak melepaskan hormon melatonin. Hal itu dapat membuat Anda jadi sulit tidur.

2. Pil



Jangan minum pil tidur untuk mengistirahatkan diri, kecuali Anda adalah penderita penyakit tertentu seperti insomnia. Lalu kalau susah tidur bagaimana?

Susah tidur bukan berarti Anda adalah penderita insomnia dan jika mengonsumsi pil tidur, dipastikan tak banyak memberi banyak pengaruh untuk tubuh.

3. Alkohol



Tak sedikit orang meyakini bahwa alkohol dapat membantu tidur lebih cepat. Padahal sebaliknya, kebiasaan minum alkohol sebelum tidur justru dapat menyebabkan insomnia.

4. Tempat Tidur



Bekerjalah sesuai tempatnya. Ya, Anda tak disarankan bekerja di atas tempat tidur. Para ahli menyarankan agar Anda menyelesaikan pekerjaan lebih dulu, sebelum memutuskan untuk tidur.

5. Kafein



Sebuah studi mengungkap bahwa mengonsumsi 400 miligram kafein enam jam sebelum tidur, dapat mengganggu waktu istirahat Anda. Ada baiknya waktu terakhir mengonsumsi kopi adalah jam lima sore.

6. Lemak



Penelitian menunjukkan bahwa makan berlemak tinggi sebelum tidur dapat melukai waktu kualitas tidur, terutama wanita. Bila lapar di malam hari, para ahli merekomendasikan makan makanan dari biji-bijian yang mengandung protein, seperti roti gandum.

7. Olahraga



Para ahli merekomendasikan untuk menghindari olahraga berat di malam hari. Itu karena sebagian kerja tubuh meningkat saat latihan (kardio) yang membuat Anda sulit tidur. Nah sebagai gantinya, Anda disarankan untuk melakukan yoga atau peregangan sederhana yang bisa membantu tubuh lebih rileks.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »