Tak Berpenghuni, Ini 5 Kota Paling Menyeramkan di Dunia

April 18, 2018

Tempat menyeramkan memang tak selalu terus diidentikan dengan mahluk halus atau hantu. Biasanya karena kejadian alam dan kecelakaan manusia, sejumlah tempat kemudian ditinggalkan karena tak lagi layak untuk ditempati.


Walaupun tempat tersebut terbengkalai hingga dibilang sangat menakutkan. Tapi, bagi para petualang dan penjelajah sejumlah tempat terbengkalai ini justru menjadi daya tarik mereka untuk menjejakan kaki di sana.
Mengutip berbagai sumber, berikut ini tempat- tempat yang dianggap paling menakutkan di bumi.

1. Tragedi Nuklir Chernobyl



Sebuah nuklir kimia meledak di Chernobyl, Ukraina pada 26 April 1986. Sehari sebelumnya, sekelompok teknisi sedang menjalankan eksperimen di Reaktor No.4 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl yang berada di dekat Pripyat. Namun mereka mengabaikan prosedur keamanan yang layak, dan berakibat fatal.

Reaktor seberat 2.000 ton itu menjadi tak stabil. Para teknisi tak mampu mengendalikan kebocoran radiasi. Kebakaran, lalu ledakan tak terelak. Insiden ini menyebabkan dua pekerja tewas, dengan total korban 32 orang.


Pemerintah langsung mengevakuasi warga dan mengosongkan Chernobyl saat itu. Hingga kini Chernobyl menjadi 'kota hantu' yang semakin terkenal di dunia.


2. LP Federal Alcatraz



Pulau Alcatraz terdapat Benteng Perang Sipil dan penjara. Namun pada 2 Mei 1946, enam tahanan menguasai penjara, mencuri senjata dan berusaha melarikan diri dari pulau itu. Tapi aksi mereka tak berhasil karena tak memiliki kunci untuk membuka pintu penjara. Akhirnya terjadi penyanderaan.

Dua petugas lapas dan tiga narapidana tewas dan 18 orang lainnya terluka dalam kejadian tersebut. Sejak itu, penjara di Pulau Alcatraz menjadi tempat yang angker dan ditinggalkan. Mantan narapidana Leon "Whitey" Thompson menggambarkannya sebagai "Pulau Dewata."

3. Tambang Berlian Mirny


Tak hanya Segitiga Bermuda, lubang bekas tambang berlian di Rusia ini juga bisa menyedot pesawat yang melewati atas lubang ini. Tambang yang memiliki lubang sedalam 525 meter dan berdiameter 1200 meter ini ditutup sejak tahun 2004. Ini adalah lubang terbesar kedua setelah tambang Bingham Canyon.

Pertambangan berlian Mirny dimulai sejak tahun 1957, di mana saat itu kondisi iklim sangat ekstrem. Musim dingin yang berlangsung selama tujuh bulan menyebabkan tanah membeku hingga terlalu sulit untuk kegiatan pertambangan.

4. Pulau Gunkajima, Jepang



Sempat disebut sebagai pulau Hashima, Gunkajima yang berada di prefektur Nagasaki digunakan sebagai tempat penambangan batu bara.

Pulau itu sudah berpenghuni sejak 1887 dan populasi bertambah banyak setelah Mitsubishi membelinya di tahun 1890. Setelah aktivitas penampangan ditutup pada 1974, pulau tersebut kemudian ditinggalkan terbengkalai.


5. Kota Bawah Air


Kota Shicheng atau Kota Singa di Tiongkok yang berusia sekitar 1.400 tahun. Kota ini bekas runtuhan kota kuno di Danau Qiandao di Tiongkok. Qiandao adalah sebuah danau buatan yang terletak di Chun'an County, Tiongkok yang juga dikenal sebagai Thousand Island Lake. Qiandao awalnya adalah sebuah lembah yang dibuat danau untuk proyek dam Sungai Xin'an pada tahun 1959.

Reruntuhan kota ini ditemukan arkeolog pada 2001. Kota yang dinamakan Shicheng, karena berada tepat di kaki Gunung Wu Shi atau juga disebut Gunung Lima Singa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »