Cukup Satu Trik Ini untuk Atasi Sakit Kepala

April 21, 2018

Walau tidak mengancam nyawa, sakit kepala bisa sangat melumpuhkan, membuat Anda tidak bisa melakukan apa-apa. Sakitnya bisa membuat Anda terkapar di tempat tidur dan terpaksa membatalkan berbagai kegiatan.

Jika Anda termasuk salah satu dari mereka yang mengalami sakit kepala kronis, alias sering terjadi, sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasinya hal ini. Menurut sebuah studi yang baru saja diterbitkan oleh U.S. National Library of Medicine, mengutip Health, Senin (16/4/2018), trik jitu ini bisa mengurangi sakit kepala sampai setengahnya.

Anda hanya perlu mengonsumsi suplemen vitamin B. Dalam studi ini, dokter memberikan sekelompok orang yang menderita sakit kepala kronis 400 mg riboflavin (vitamin B) setiap hari sekali selama enam bulan.

Para pasien melaporkan sakit kepala berkurang frekuensinya sampai hanya setengahnya ketika mereka mengonsumsi vitamin ini. Sayangnya, sakit kepala yang mereka alami masih sama sakitnya, cuma frekuensinya saja yang jadi lebih jarang.

Jadi berapa banyak vitamin B yang harus Anda konsumsi? Partisipan dalam studi ini diberi vitamin B 200 kali lebih banyak dari asupan riboflavin harian.

Jadi jika suplemen harian bisa membantu mengurangi sakit kepala Anda, bicarakan dengan dokte kemungkinan untuk meningkatkan dosisnya.

Kabar baiknya, jenis vitamin B ini juga ditemukan secara alami di dalam telur, almond, daging domba, susu, yoghurt dan bayam.

Pijatan dapat mengendurkan otot yang tegang dan melancarkan aliran darah. Sehingga membantu meredakan sakit kepala. Cobalah lakukan pijatan ringan memutar di area sakit seperti pada kepala, leher, juga bahu.

Lakukan 5 hingga 6 sesi pemijatan setiap minggunya. Cara ini dipercaya dapat mengurangi serangan migrain hingga 3 minggu setelahnya.

Atau kamu dapat meregangkan otot dengan cara berikut :

- Gerakkan dagu maju ke depan, ke atas, ke kanan dan ke kiri
- Angkat bahu ke atas dan gerakkan ke depan juga ke belakang
- Tekan telapak tangan pada dahi dan tahan selama beberapa detik
- Tekan juga telapak tangan pada kedua sisi kepala

Cobalah beristirahat sejenak dalam ruang gelap dan sunyi karena orang yang sakit kepala tegang, umumnya peka terhadap cahaya dan suara.

Kamu bisa berbaring, memejamkan mata, dan membiarkan otot-otot tegang pada leher, bahu, juga punggung rileks.

Atau kamu dapat duduk dan bermeditasi dengan cara berikut.

- Pejamkan mata
- Tarik napas dalam-dalam dan lepaskan perlahan (sambil membayangkan hal-hal menyenangkan yang mendamaikan dirimu)
- Biarkan bagian-bagian yang terasa tegang atau kram menjadi rileks
- Turunkan dagu mendekati dada kemudian putar kepala setengah lingkaran dari satu sisi ke sisi lainnya

Lakukan teknik meditasi ini beberapa kali hingga rasa sakit mereda.
Cara menghilangkan sakit kepala selanjutnya dapat dilakukan dengan menghindari makanan yang mengandung nitrit dan nitrat seperti makanan tinggi MSG dan daging olahan.

Di samping itu, batasi juga zat-zat seperti alkohol, kafein, tyramine (ada pada kacang dan kedelai), phenylethylamine (ada pada cokelat dan keju), dan aspartam (ada pada makanan dengan pemanis buatan) yang dapat memicu sakit kepala.

Selain itu, makanlah dengan teratur. Di mana beberapa sakit kepala dapat disebabkan karena kadar gula darah rendah. Jadi, jangan lewatkan waktu makan, terutama sarapan sehat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »